I'm Javanese boy "Aku anak Jawa"



                 Terlintas di pikiran gue tentang javanese ( no negative thinking ). Bukan japanese ! tapi javanese, javanese adalah bahasa inggris yang artinya jawa. Jawa adalah nama pulau di Indonesia yang merupakan pulau terluas ke 13 di dunia dan pulau terbesar ke 5 se Indonesia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 160 juta, pulau ini berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. beragam kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini.  Gue bangga jadi anak jawa dan gue bangga ! sengaja gue ulangi biar wow gitu. Dan gue seneng ngeliat tanah kelahiran gue ini, berbeda agama tetapi tidak membedakan antar keyakinan. Saling menghargai, adalah kunci manusia untuk menuju kehidupan yang lebih berkualitas. manusia tidak akan bisa hidup sendiri, maka itulah manusia di juluki mahluk sosial, kita tidak bisa hidup individual.

          Tetapi gue sedih, Kenapa ? coba kita tengok pemuda pemudi di sekitar kita. Apa ? ada yang aneh ? ada yang bisa jawab ? gue nggak nuduh ya, tapi ini fakta ! kebanyakan remaja seumuran kita malah berpindah meniru budaya lain. Lebih parahnya lagi yang ditiru bukan budaya lokal, melainkan budaya yang kebarat-baratan. Kita punya budaya sendiri bro, yaitu budaya timur. junjung tinggi budaya timur ! horass. Lo boleh saja belajar budaya lain, Asal lo juga ngerti budaya asli lo. Bisa nyesuain lah ya !

          Gue nggak nyalahin siapa-siapa, Malah gue nyalahin gue sendiri. gue juga hampir lupa dengan sejarah gue. gue orang mana ? gue asli mana ? gue sempet lupa ! apa gue keturunan alien ? haduh hampir lupa gue. Pikiran gue udah di kelabui trend-trend modern masa kini. Tapi sekarang gue sadar, gue barusan kesurupan sama trend modern masa kini. Gaya boleh maju asal pengetahuan tentang sejarah diri sendiri dan sejarah budaya sendiri tidak dilupakan seperti catatan yang terselip, hilang, hanyut entah kemana ?

          Kembali ke jawa lagi, Pulau jawa ini adalah pulau yang dikenal subur dengan tanahnya. Jawa memegang peranan utama sebagai daerah penghasil beras. Pulau-pulau penghasil rempah-rempah. wiih keren nggak ? Apalagi sekarang, Pulau jawa adalah pulau industri terbesar di Indonesia bahkan se asia. orang-orang luar banyak yang tinggal di pulai ini. Pokoknya keren deh jadi orang jawa, meskipun gue persilangan antara orang kalimantan sama orang jawa, tetapi dari kecil susah senang gue jalani di pulau jawa ini. Gue juga gak ngelupain budaya-budaya lokal kok. Because I am Indonesian, We are Indonesian.

          Pulau jawa terbagi menjadi 3 bagian, Gue sebutin dari barat yaitu jawa barat, Jawa tengah dan jawa timur. Nah gue anak jawa timur nih, mana suaranya anak jawa timur ? salto doong. Di jaman kolonial dahulu, pulau jawa lah titik pertama yang di jajah negara-negara penjajah. Makanya pulau ini yang paling di bangun oleh negara-negara penjajah. Pulau ini satu-satunya pulau yang mempunyai transportasi jalur darat tanpa macet yaitu Kereta api.... wuoh keren-keren. Kasih tepuk jidat dong.

          Yah cuma itu aja yang gue tahu, selebihnya bisa tanya-tanya pada sejarawan. yang penting inget kalimat yang gue garis bawahin diatas tadi. Gue juga masih belajar memahami sejarah tanah ini. Intinya tetap semangat belajar wahai anak-anak Indonesia. Jangan ngikutin gaya abal-abal mulu tanpa ngerti artinya. Kapok gue pernah tersesat di jalan kelabilan. Gue janji gak akan pernah ngelakuin itu lagi, Capek, ngabisin duit, gak mendidik dan pengetahuan nol. masak pengetahuan cuma gaya yang lagi trend mulu. makan tu trend !!

          I am Javanese boy, forever, i will permanent become javanese boy and Indonesian youngster.
aku bocah lanang jowo, saklawase aku arep dadi cah lanang jowo lan cah enom Indonesia. kalau ada kata-kata yang nyeleneh mohon di koment untuk di perbaiki jangan malah di ketawain. sok bener kaya malaikat aja lo. jadi orang selow aja oke ? thanks and bye....
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang asik, garing juga gak papa kok !! yang penting nggak SPAM, kalau SPAM gue musnahkan anda dengan jurus " Srungut Kecoa". hehe ... EmoticonEmoticon