Wisata ke Balikpapan dengan gampang tanpa ribet

Wisata Alam di Tengah Kota Balikpapan
 via. gcftf.org

Siapa yang tidak tahu kota Balikpapan ?. Salah satu kota besar di Kalimantan Timur ini merupakan kota penghasil minyak dan batubara. Karena banyak warganya yang menjadi pekerja perminyakan dengan penghasilan yang besar menjadikan kota ini kota dengan biaya hidup paling mahal se-Indonesia.

Balikpapan mempunyai sebuah bandara Internasional, yaitu bandara Sepinggan, sehingga kota ini tidak sulit dicapai. Banyak penerbangan yang melewati bandara ini termasuk Lion Air. Tiket pesawat Lion Air menuju Balikpapan pun mudah didapatkan, baik via online maupun pemesanan melalui agen penerbangan.

Jika kamu hendak berwisata ke Balikpapan, sebaiknya jangan memilih saat high season karena tiket pesawat akan lebih mahal. Kamu bisa cek di beberapa situs karena bisa saja kamu mendapatkan tiket pesawat Lion Air dengan harga promosi.

Walaupun Balikpapan terkenal sebagai kota besar dengan industri pertambangannya, ternyata kota ini mempunyai tempat-tempat wisata yang berbau alam. Berikut beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Balikpapan.

Pantai Kemala
 via. langitkaltim.com

Pantai ini terletak di pusat kota Balikpapan, sehingga banyak wisatawan yang ngeluyur ke pantai ini, apalagi pada hari libur atau akhir pekan. Kamu bisa menikmati pasir putih yang terhampar dan biasanya tampak dari tepi pantai beberapa kapal pengangkut batubara yang ada di tengah laut. Di sisi luar pantai beberapa tempat makan menawarkan berbagai kuliner terutama sajian seafood. Kamu juga bisa mencoba permainan banana boats atau bahkan jet ski.

Pantai Lamaru

Selain pantai Kemala, juga ada Pantai Lamaru yang menyajikan pesona pantai dengan pemandangan pohon cemara dipinggirnya. Pantai ini sangat indah jika dinikmati saat matahari tenggelam, karena langit akan berwarna jingga terang jika tidak mendung. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengunjungi pantai ini, cukup dengan membayar dua ribu rupiah setiap orangnya.

Hutan Mangrove Margomulyo

via. mtmasamarinda.blogspot.co.id

Di Balikpapan terdapat kawasan hutan bakau Margomulyo yang menjadi habitat aneka ikan dan burung. Kamu bisa naik ke menara intai untuk menyaksikan dari atas burung-burung yang tinggal di hutan ini. Atau kamu bisa berjalan di jembatan sepanjang 800 meter untuk menikmati suasana hutan bakau dan kesejukan alamnya. Ada baiknya kamu mengunjungi tempat ini saat pagi atau sore hari, karena kemungkinan kamu akan bisa menemukan hewan bekantan.

Bukit Bangkirai

Ketika libur panjang tiba, datanglah ke tempat ini. Disini kamu akan diberikan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan. Bukit Bangkirai merupakan tempat wisata alam yang menghadirkan sebuah petualangan. Kamu bisa berjalan menyusuri canopy bridge atau sebuah jembatan yang menghubungkan 5 pohon bangkirai yang besar dengan pemandangan hutan hujan tropis disekelilingmu. Kamu akan merasakan sensasi seperti di film Indiana Jones.

Hutan Wanawisata

Jika kamu suka hiking atau piknik dengan suasana hutan, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Hutan ini merupakan hutan lindung dengan banyak pepohonan khas Kalimantan. Jangan lupa untuk membawa bekal saat mengeksplore kawasan ini, karena tidak ada penjual makanan di sekitar sini. Di sebuah titik terdapat tempat bermain untuk anak seperti ayunan dan prosotan.

Penangkaran Buaya Teritip

via. indonesiakaya.com

Tempat ini merupakan tempat penakangkaran buaya dengan luas sekitar 5 ha. Di sini terdapat sekitar 1.450 ekor buaya dan banyak diantaranya berukuran sangat besar. Mulai dari buaya muara hingga buaya air tawar dan buaya supit yang terancam punah ditangkarkan di sini. Kamu bisa mencoba memberi makan buaya atau menaiki gajah Lampung untuk berkeliling kawasan ini. Yang lebih ekstrem kamu bisa mencoba sate buaya.

Hutan lindung sungai Wain

Maskot kota Balikpapan yaitu beruang madu dapat kamu temui di sini. Namun, kamu perlu hati-hati karena beruang di sini masih cukup liar dan berbahaya untuk didekati. Sebenarnya kawasan hutan lindung ini adalah hutan hujan tropis tempat tinggal berbagai satwa seperti orangutan, beruang madu, bekantan dan tumbuh-tumbuhan endemik khas bernama Jahe Balikpapan. Luas hutan ini mencapai 10.000 ha.


Jadi, tidak perlu pikir panjang, segera jadwalkan liburanmu dan segera cari tiket pesawat Lion Air menuju Balikpapan untuk mengeksplore tempat-tempat tersebut. 
Latest
Previous
Next Post »

Berkomentarlah yang asik, garing juga gak papa kok !! yang penting nggak SPAM, kalau SPAM gue musnahkan anda dengan jurus " Srungut Kecoa". hehe ... EmoticonEmoticon